Horee!! Gaji Perangkat Desa Situbondo di Atas PNS Golongan IIA

0

Situbondo- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), memastikan sejak Januari tahun ini gaji perangkat desa di Situbondo, sudah di atas gaji Pegawai Negeri Sipil  (PNS) golongan IIA. Kenaikan gaji ini sesuai Keputusan Presiden RI Joko Widodo.

Meski revisi peraturan kenaikan gaji itu belum diundangkan, namun Pemkab Situbondo sudah mendahului membuat skema gaji perangkat desa. Acuannya, Peraturan Bupati Nomor 63 tahun 2018, tentang besaran penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Yogie Krispian Sah, mengaku, skema gaji Kepala Desa dan perangkat desa sudah sesuai PP Nomor 47 tahun 2015. Meski PP ini masih dilakukan revisi namun dipastikan tidak akan bertentangan, karena sesuai keputusan Presiden kenaikan gaji perangkat desa setara PNS golongan II A.

“melalui Perbub Nomor 63 tahun 2018, gaji perangkat desa di Situbondo rata-rata 2 jutaan, di atas gaji PNS golongan IIA yang hanya sekitar 1, 9 juta”, tambah Yogie. Sedangkan gaji Kepala Desa akan naik rata-rata 1 jutaan. Tahun lalu gaji Kepala Desa 3 jutaan dan tahun ini akan naik menjadi 4 jutaan.

Yogie menjelaskan, skema kenaikan gaji Kepala Desa dan perangkat Desa, diambilkan dari 30 persen maksimal bantuan Alokasi Dana Desa (ADD). Yogie  mengaku, “memang akan ada perangkat desa akan menerima gaji di bawah 2 juta, karena akan jumlah Kepala Dusunnya banyak. Namun gaji mereka pasti masih setera PNS golongan II A”.

Lebih jauh Yogie Krispian Sah menegaskan, tidak akan ada kendala skema gaji Kades dan perangkat desa yang diambilkan melalui ADD. Sejauh ini kata Yogie, Pemkab Situbondo paling konsisten mengalokasi 10 persen Dana Alokasi Umum  (DAU) untuk ADD.