Ika Budi Cahyono, Pencetus Akronim Nama Harjakasi

0

Situbondo- Memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi), warga Situbondo harus mengingat seorang PNS bernama Ika Budi Cahyono. Betapa tidak, Ika Budi Cahyono merupakan pencetus nama Harjakasi kemudian disepakati peserta rapat.

Penetapan nama Harjakasi itu dibahas saat kepemimpinan almarhum Bupati Suroso. Saat itu, Ika Budi Cahyono masih menjadi staf bagian Humas dan Protokoler Pemkab.

Sejumlah pejabat ikut hadir membahas hari jadi Situbondo dan penyusunan sejarah singkat Situbondo. Semua peserta rapat mengusulkan berbagai penyebutan nama. Ditengah silang pendapat yang cukup alot waktu itu, Ika Budi Cahyono kemudian mengusulkan nama Harjakasi.

Menurut Ika Budi Cahyono, dirinya mengusulkan akronim Harjakasi untuk menyebut hari jadi Kabupaten Situbondo, karena nama itu penyebutannya sangat lembut, menggambarkan keramahan dan kesantunan masyarakat Situbondo yang agamis.

Selain itu kata Ika, Pemerintahan Situbondo berbentuk Kabupaten. Oleh karena itu, bentuk pemerintahan harus tetap diabadikan dalam penyebutan nama hari kelahirannya.

Menurut Ika Budi Cahyono,  penyebutan akronim Harjakasi pertama kali pada peringatan Hari Jadi Situbondo ke-40, yang saat itu diperingati tanggal 19 September 2012. Karena penetapan peringatan hari jadi menimbulkan pro kontra, DPRD kemudian menetapkan Harjakasi pada tanggal 15 Agustus melalui rapat paripurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.