Jadi Buah Bibir, Anggota Polres Situbondo Mengubah Limbah Ampas Jadi Pakan Ternak

0
BhasaFM
Bripka Machrus Efendi memaparkan cara membuat pakan ternak berbahan limbah ampas kelapa (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Anggota Polres Situbondo menjadi perhatian, karena keberhasilannya mengubah limbah ampas kelapa menjadi pellet pakan hewan ternak bernilai ekonomis. Adalah Bripka Machrus Efendi yang sukses melakukan inovasi limbah ampas tersebut.

Anggota Polsek Banyuputih yang bertugas menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Sumberanyar, kini namanya mulai jadi buah bibir, hingga  mengundang Wakil Ketua DPRD Situbondo, Abdur Rahman SH menemuinya. Bersama Komisi II, Abdur Rahman meminta Bripka Machrus Efendi memaparkan cara pembuatan pellet pakan ternak dari limbah ampas kelapa.

Menurut Bripka Machrus Efendi, dirinya belajar membuat pakan ternak pellet secara otodidak, yaitu belajar melalui media social youtube. Keinginannya mengubah limbah ampas kelapa, bermula dari keresahan warga Desa Sumberanyar, yang mengeluhkan adanya polusi industri minyak kelapa sekitar pertengahan 2019 silam.

BACA JUGA :  Pedagang Senang Pemkab Kembali Buka CFD

Dari keluhan masyarakat inilah kemudian tumbuh ide untuk mengubah polusi menjadi solusi. Bripka Machrus kemudian melakukan eksperimen membuat pakan ternak berbahan ampas kelapa itu selama empat bulan.

Bripka Machrus melakukan fermentasi limbah ampas kelapa mencampurnya dengan katul, polar, beras jagung, jerami, tongkol jagung yang sudah digiling dengan EM4. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu sesuai takaran yang dibutuhkan.

Bripka Machrus mengaku,  untuk memproduksi pakan ternak pellet, dirinya menggunakan peralatan mesin sederhana yang sudah dimodifikasi. Bripka Machrus kemudian mengenalkan hasil inovasinya itu kepada para peternak di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, agar mereka bisa memelihara ternak dengan baik tanpa harus membeli pakan atau mencari rumput.