Jajanan Lupis dan Es Cendol Jadi Menu Favorit Wisatawan Asing di Situbondo

0
BhasaFM
Wisatawan asing menikmati wisata kuliner sambil naik motor vespa gandeng melewati kawasan IPADULI (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Naik motor vespa gandeng sambil berburu jajanan tradisional di Situbondo, kian terus digandrungi para wisatawan mancanegara. Jajanan lupis dan es cendol dawet ternyata menjadi paling diburu turis asing.

Wisata kuliner yang digagas komunitas motor vespa “Vespasito”, mulai mendapat respon wisatawan mancanegara. Kali ini turis asal Denmark dan Vietnam menikmati naik motor vespa berkeliling kota sambil berburu makanan tradisional.

BhasaFM
Turis asal Denmark dan Vietnam menikmati es cendol di dekat stadion Situbondo (foto: Zaini Zain)

Menurut Aditya Anugerah, salah seorang pemandu wisata mengatakan, wisata naik motor vespa sambil berburu kuliner tradisional memang baru ada di Situbondo. Wisata ini cukup menyenangkan dan disukai wisatawan asing.

Pria yang akrab di panggil Adit itu mengaku, umumnya wisatawan mancanegara yang mampir ke Situbondo, hanya transit saja karena tertarik tawaran wisata naik motor vespa. Para turis biasanya ikut paket wisata ke gunung Bromo, Gunung Ijen kemudian mengakhiri kunjungan wisatanya di Bali.

BACA JUGA :  BPK RI Temukan Potensi Pajak 1,7 Miliar di Situbondo Hilang

Adit menambahkan, wisata kuliner naik motor vespa di Situbondo mulai hits belakangan ini di kalangan wisatawan asing. Mereka sangat menikmati menyusuri kawasan perkotaan Situbondo menggunakan motor vespa gandeng.

Menurut Adit,ada beberapa jajanan tradisional jadi favorit wisatawan asing, seperti Lupis, es cendol dawet, tahu campur, rujak dan mie ayam. Para turis juga menyukai kopi khas kayumas.

Lebih jauh Adit mengatakan, kunjungan turis ke Situbondo memang tidak sama dari bulan ke bulan.  Jika bulan Agustus, kunjungan turis bisa mencapai 17 paket tour mampir di Situbondo untuk menikmati wisata kuliner vespasito.