Kabupaten Situbondo Akan Berusia 2 Abad, Bupati dan Forkopimda Nyekar ke Makam Sesepuh

0
BhasaFM
ribuan santri mengaji Al-Qur’an dan tahlil bersama (foto: Zaini Zain)
Situbondo- Kabupaten Situbondo akan genap berusia 200 tahun atau dua abad, pada tanggal 15 Agustus mendatang.  Menjelang hari jadi Kabupaten Situbondo, Bupati dan Wakil Bupati nyekar ke makam sesepuh Situbondo.

Bersama Forkopimda, Bupati dan Wabup memulai ziarah ke makam pahlawan nasional KHR. As’ad Syamsul Arifin, di Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.

Ziarah dilanjutkan ke makam Ki Pateh Saleh di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota Situbondo. Lalu ke makam ki Pateh Alos di  Besuki. Makam Kanjeng Raden Tumenggung Prawiro Adiningrat, adipati pertama Situbondo, serta  ke makam para Bupati dari masa ke masa di Desa Bloro, Kecamatan Besuki.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, tradisi ziarah menjelang hari jadi Kabuapten Situbondo dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Hal itu dilakukan, untuk mengenang jasa-jasa para leluhur Situbondo.

Dadang menambahkan, membangun peradaban bangsa dan negara utamanya Kabupaten Situbondo, tidak cukup mengandalkan kecerdasan akal. Melalui kegiatan ziarah tersebut, Dadang berharap akan melengkapi semua ikhtiar yang selama ini dilakukan Pemkab membangun Situbondo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.