Kapolres dan Kajari Ikut Pantau Pelaksanaan Tes Tulis Calon Anggota PPK

0
BhasaFM
Kapolres dan Kajari Situbondo ikut pantau pelaksanaan tes tulis calon anggota PPK (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 372 pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti tes tulis, Kamis kemarin. Pelaksanaan tes tulis berlangsung di Kampus Universitas Abdurrahman Saleh.

Yang menarik, pelaksanaan tes tulis calon anggota PPK itu tak hanya mendapat pengawasan Bawaslu Situbondo, melainkan dipantau langsung Kapolres dan Kajari.

Ratusan peserta harus berjuang keras untuk lulus menjadi anggota PPK. Dari 372 pelamar dipastikan  ada 287 akan gugur, mengingat hanya 85 pelamar diambil jadi anggota PPK untuk 17 Kecamatan.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, ada lima materi tes tulis calon anggota PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Tes yang diujikan berkaitan dengan tupoksi PPK, persyaratan peorangan dan melalui partai politik, serta soal tes tulis tentang pemungutan dan penghitungan suara, serta seputar perundang undangan.

BACA JUGA :  Khofifah Indar Parawansa Berkunjung ke Ponpes Sukorejo

Marwoto menambahkan, PPK akan bertugas membantu KPU di tingkat Kecamatan. Selanjutnya, calon anggota PPK masih akan mengikuti tes wawancara.

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi, mengatakan, dirinya bersama Kajari bukan hanya ikut memantau tes tulis, melainkan melakukan koordinasi dan sinergitas dengan penyelenggara Pilbup Situbondo.

Menurut Kapolres, dirinya mendukung pelaksanaan seleksi dilakukan secara objektif dan transparan. Peserta yang lolos harus benar-benar memenuhi syarat kompetensi dan integritas.