Kemensos Kembali Verval Warga Miskin Situbondo Calon Penerima Bantuan Program Sosial

0
BhasaFM
verval BDT Non-PKH di Situbondo

Situbondo- Kementerian Sosial Republik Indonesia, kembali melakukan verifikasi dan validasi (Verval) warga miskin Situbondo, yang selama ini belum menerima bantuan program Pemerinath pusat.

Verval ini dilakukan untuk dimasukan ke BDT atau Basis Data Terpadu. Petugas melakukan verval terhadap 77 ribu 441 rumah tangga. Jumlah warga yang dilakukan verval ini peroleh dari pusat data informasi (Pusdatin) Kemensos.  Mereka yang nantinya masuk BDT akan mendapatkan  program bantuan  sosial.

Koordinator Verval BDT, Dwi Aris Suryono, kepada wartawan mengatakan, saat ini verval masih sedang berlangsung.  “Selain melakukan verval 77 ribu 441 rumah tangga, petugas di lapangan juga menghimpun data baru sebanyak 7 ribu 541 rumah tangga. Dengan demikian, jumlah total yang dilakukan verval sebanyak 84.982 rumah tangga” tambah Aris.

BACA JUGA :  57 Anggota Polisi Gendut Ikuti Program Penurunan Berat Badan

Menurut Aris, Verval BDT dilakukan setiap dua tahun sekali. “Data yang sudah diverifkasi benar-benar layak menerima bantuan program sosial pemerintah pusat, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)” jelas Aris.

Aris menambahkan, data verval sudah tertera nama dan alamatnya. Petugas hanya melakukan verifikasi. Jika ditemukan ada data ganda maupun bukan warga miskin langsung dicoret.