Kementerian Desa Puji Inovasi Desa “Wisata Karang Kenik”

0
BhasaFM
wisata kampung karang kenik (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, memuji destinasi wisata dusun karang kenik, di Desa Olean, Kecamatan Situbondo. Dusun berpenduduk 26 Kepala Keluarga itu menjadi salah satu contoh inovasi desa.

Kementerian Desa juga mengagumi Dusun Karang Kenik, karena dalam kurung waktu dua tahun menggunakan dana desa, berhasil menyulap dusun mistik tersebut  menjadi destinasi wisata unik.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu pada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Sugito mengaku akan terus mendorong desa berkreatif. Pihaknya mendorong pengembangan dusun “karang kenik” menjadi desa wisata melalui pembangunan sarana olahraga.

Menurut Sugito, melalui pembangunan sarana olahraga diharapkan akan meningkatkan pengunjung, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar objek wisata karang kenik.

BACA JUGA :  Dapat Anggaran 45 Miliar, DPRD Minta KPU dan Bawaslu Bekerja Maksimal Sukseskan Pilkada

Sementara itu, Kepala Desa Olean, Ansori, mengatakan, pembangunan wisata karang kenik dianggarkan melalui Dana Desa, masing-masing sebesar 400 juta di tahun 2018 dan 350 juta di tahun 2019.

Menurut Ansori, sejak Januari 2019 pihaknya meluncurkan objek wisata KK-26 bernuansa alam desa. Lokasinya yang berada di areal persawahan sangat menarik pengunjung. Sejak diluncurkan banyak wisatawan berkunjung, tak hanya berasal dari Situbondo melainkan banyak datang dari luar kota. Di lokasi wisata karang kenik, pengunjung dapat menikmati fasilitas “outbond“, tempat swafoto dan berbagai fasilitas wisata lainnya.