KHR. Kholil As’ad Ikut Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

0
BhasaFM
Menanam pohon (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo, ikut menanam 10 pohon mangrove di sepanjang pantai utara untuk menjaga ekosistem laut. Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut hari santri nasional 22 Oktober mendatang.

Penanaman pohon mangrove di lakukan di enam titik sepanjang pantai Situbondo. Pembukaan penanaman pohon ini dipusatkan di pantai Berigeen, Desa Pleyan, Kecamatan Panarukan. Turut hadir Bupati Dadang Wigiarto, Kapolres AKBP Awan Hariono serta Dandim 0823 Letkol Infrantri Ahmad Juni Toa.

Ada 3 ribu pohon mangrove ditanam di pantai Berigeen. Sedangkan 7 ribu pohon lagi di tanam di lima titik, yaitu di Kecamatan Banyuglugur, Bungatan, Kendit, Kapongan dan Banyuputih.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Situbondo Akan Segera Gajian

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kholil mengatakan, penanaman pohon mangrove oleh para santri ini sangat positif, untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pohon mangrove sangat bermanfaat sebagai mitigasi bencana, serta menjaga erosi dan abrasi pantai, juga memberi tempat sumber makanan bagi satwa laut.

Kholil menambahkan, garis pantai di Kabupaten Situbondo seluas pantai 150 Kilo Meter. Dari panjang pantai tersebut terdapat 125 hektar tanaman mangrove. Oleh karena itu kata Kholil, pihaknya akan terus menanam pohon mangrove secara periodik di sepanjang pantai.