Kibarkan Bendera di Bawah Laut di Hari Kartini, 221 Penyelam Wanita Catat Rekor Baru Dunia

0
BhasaFM
Dive Kartini (21/4)(foto Zaini Zain)

Situbondo- Objek wisata pasir putih jadi saksi lahirnya rekor baru dunia. Sebanyak 221 penyelam sukses mengibarkan bendera merah putih di bawah laut, saat memperingati hari kartini 2018, sabtu kemarin (21/4). Ini sekaligus jadi rekor baru dunia karena tak pernah ada sebelumnya.

Awalnya diproyeksikan hanya 214 penyelam, namun penyelam wanita yang datang melebihi target hingga mencapai 221 orang. Penyelam wanita yang ikut upacara mengibarkan bendera di bawah laut, datang dari berbagai daerah di Jawa Timur. Ada pula empat penyelam wanita berasal dari Raja Ampat, Papua.

Sekitar 20 menit para penyelam wanita itu berada di bawah permukaan air dengan kedalaman 5 hingga 6 meter. Selama menyelam mereka membentangkan bendera Merah Putih, serta meletakkan monumen prasasti “Dive Kartini 2018”.

Manajer MURI, Triyono mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut pasir putih, tak masuk Museum Rekor Indonesia melainkan mencatatkan rekor baru dunia.

Triyono menambahkan, sebelumnya tak pernah ada 221 penyelam wanita, mengibarkan bendera merah putih bersama-sama di bawah laut. Triyono berharap, aksi para srikandi di hari Kartini tersebut, akan jadi spirit bangsa Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia.

Sementara itu, para penyelam wanita mengaku bangga bisa memperingati hari Kartini di bawah laut, apalagi mencatatkan rekor baru dunia. Salah satunya diungkapkan Bilqis, penyelam asal Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

Menurut Bilqis, ini pengalaman pertamanya ikut upacara pengibaran bendera di bawah laut.  Bilqis mengaku terharu, saat MURI mengumumkan masuk rekor baru MURI dan dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here