KPU Situbondo Mulai Petakan Pendistribusian Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

0
BhasaFM
Ketua KPU Situbondo, Marwoto (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo, mulai mempetakan pendistribusian logistik Pemilu, terutama ke sejumlah daerah terpencil yang sulit dilalui kendaraan bermotor.

Pendistribusian logistik pemilu ke daerah terpencil perlu dilakukan pengawalan khusus.  Setidaknya ada tiga wilayah di Situbondo yang medannya cukup sulit dilalui kendaraan. Pengiriman logistik ke tempat ini hanya bisa dilakukan melalui perahu dan kuda.

Menurut Ketua KPU Situbondo Marwoto, salah satu lokasi yang aksesnya sulit ditempuh yaitu Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Penyaluran logistik ke tempat ini bisa dilakukan melalui jalur laut.

Marwoto mengatakan, di dusun merak ada tiga TPS dan 700 lebih warga yang memiliki hak pilih. Dusun Merak terletak di ujung utara Taman Nasional Baluran itu. Pendistribusian logistik menggunakan jalur darat sangat beresiko, karena harus melewati hutan baluran.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Antusias Menyaksikan Fashion Show Berbahan Daur Ulang

Oleh karena itu kata Marwoto, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol Air Polres Situbondo, untuk kelancaran distribusi logistik ke dusun Merak melalui pelabuhan Mimbo.

KPU Kabupaten Situbondo dijadwalkan mulai mendistribusikan logistik pemilu ke setiap Kecamatan 8 April mendatang. Selanjutnya pada 15 April 2019 logistik pemilu mulai didistribusikan ke tingkat PPS atau desa. Pada tanggal 16 April petugas mendistribusikan logistik pemilu ke daerah terpencil yang aksesnya sulit, sedangkan pendistribusian ke masing-masing TPS lainnya baru akan dilakukan pada hari “H”  yaitu 17 April.