Latgab TNI Pertontonkan Pesawat Tanpa Awak Bermanuver Tembakan Dari Udara

0
BhasaFM
Menko Polhukam Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Puslatpur Karangtekok (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2019, mempertontonkan Fire Power Demo atau demo penembakan udara pesawat tanpa awak, di lapangan Tempur Korps Marinir Karangtekok, Kecamatan Banyuputih Situbondo, Kamis kemarin.

Pesawat tanpa awak jenis drone Unmanned Aerial Vehicle (UAV) CH4, merupakan alusista terbaru milik TNI Angkatan Udara. Drone CH4 ini bisa bermanuver 30 jam non stop dari udara,  serta cukup dikendalikan dari jarak jauh membidik target sasaran dengan akurat.

BhasaFM
Latgab ‘Dharma Yuda’ 2019 di Lapangan Tempur Korps Marinir Karangtekok (foto: Zaini Zain)

Latgab ‘Dharma Yuda’ 2019 yang diikuti 12.500 perajurit ini mendapat pujian Menko Polhukam, Wiranto. Didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wiranto menyaksikan Latgab yang melibatkan tiga matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Menurut Wiranto, dirinya diutus Presiden Joko Widodo menghadiri Latgab manuver lapangan yang berlangsung  sejak 9 hingga 12 September.

BACA JUGA :  Kiai Azaim Dorong Radio Bhasa FM Terus Berinovasi Mengembangkan Dakwah dan Hiburan

Wiranto mengaku Latgab melibatkan tiga matra itu harus terus dilakukan, untuk meningkatkan profesionalisme perajurit tempur, sekaligus menguji kekuatan persenjataan baik angkatan darat, laut mapun  udara dalam menghadapi gangguan keamanan.

Wiranto menjelaskan, bahwa kekuatan angkatan bersenjata akan jadi kehormatan sekaligus kebanggaan. Setiap negara memiliki kekuatan angkatan bersenjata untuk menghadapi ancaman di masa depan.

Wiranto mengaku menyaksikan langsung kekuatan militer Indonesia. Dirinya sangat bangga melihat persenjataan TNI yang sudah modern dan tak kalah dengan negara lain.

Menurutnya, kekuatan persenjataan TNI yang dipertontonkan saat Latgab, hanya sepertiga dari alusista yang dimiliki TNI. Menuver tiga matra TNI sangat luar biasa dan berhasil melakukan operasi bersama dengan sempurna.