LPM Merak Akan Gelar Operasi Katarak Gratis dan Ganti Bola Mata Palsu

0
BhasaFM
observasi peserta operasi mata LPM Merak bersama JFF (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak), akan melakukan operasi bagi ratusan penderita mata katarak dan ganti bola mata palsu. Kegiatan operasi ini akan digelar 17 hingga 21 September, di GOR Baluran.

Selain itu, LPM Merak  juga akan melakukan pengobatan massal gratis, bagi 2.500  penderita mata. Kegiatan ini hasil kerjasama LPM Merak bersama Yayasan Jhon Fawcett Foundation (JFF).

Menurut Ketua LPM Merak, Kamarul Muniri, pihaknya rutin setiap tahunnya melakukan pengobatan mata massal gratis. Tahun ini merupakan tahun ketiga dilakukan LPM Merak bersama JFF di Situbondo.

Pria yang akrab dipanggil Arul itu menambahkan, pengobatan mata massal gratis itu, bertujuan membantu program Pemkab Situbondo, yaitu menuntaskan angka penderita mata katarak.

Arul mengaku sangat senang, karena program pengobatan massal tersebut  disambut antusias masyarakat. Untuk operasi mata katarak disiapkan bagi 300 orang penderita, namun yang mendaftar mencapai 452 orang. Operasi pergantian bola mata palsu disediakan bagi 20 orang, sedangkan  yang mendaftar sebanyak 50 orang.

Lebih jauh Arul menegaskan, selain melakukan operasi katarak dan operasi pergantian bola mata palsu, LPM Merak dan JFF juga melakukan kegiatan sosial, yaitu pengobatan mata gratis bagi 2.500 orang. Pengobatan mata ini juga akan dilakukan  di dua Sekolah Dasar Negeri di kawasan kota.