Panitia Pilkades Bikin Aplikasi Permudah Pemilih Akses Informasi

0
BhasaFM
Aplikasi pilkades mangaran (Foto Zaini Zain)

Situbondo- Panitia Pilkades Mangaran membikin aplikasi khusus seputar pilkades. Hebatnya, aplikasi yang dibikin panitia Pilkades itu mirip aplikasi data pemilih milik Komisi Pemilihan Umum.

Aplikasi yang bisa di download di playstore itu berisi beberapa konten, mulai daftar pemilih, daftar calon, panitia serta tahapan-tahapan seputar pelaksanaan Pilkades.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Yogie Krispian Sah, mengaku sangat mengapresiasi kreatifitas panitia pilkades Mangaran. Mereka memanfaatkan teknologi untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi.

Menurut Yogie, untuk memastikan masyarakat sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih, masyarakat cukup memasukan nomor NIK dan akan langsung diketahui. Selain itu, masyarakat juga bisa tahu calon, nama-nama  panitia juga tercantum dalam aplikasi tersebut.

BACA JUGA :  Pasien Corona Meninggal Bertambah Lagi Jadi 32 Orang, Pasien Positif Bertambah Jadi 421 orang

ogie menambahkan, saat ini tahapan Pilkades masih pendataan daftar pemilih hingga 29 Agustus mendatang.  Oleh karena itu, masyarakat bisa melihat di aplikasi “Pilkades Mangaran 2019”, untuk mengakses informasi seputar pilkades.

Untuk lima desa yang akan melaksanakan Pilkdes e voting, Yogie mengaku masih menunggu pengesahan Perda oleh DPRD. Jika Perda sudah di sahkan, desa yang akan melakukan pilkades e voting tinggal melakukan simulasi.        

Lebih jauh Yogie mengatakan, saat ini pihaknya selalu menekankan, agar setiap kegiatan di desa memanfaatkan teknologi. Dalam waktu dekat akan ada lagi aplikasi baru berupa pelayanan mandiri berbasis digital di desa.