Pasien Mata Katarak Membludak, Ada Sekitar 50 Pasien Tambahan Setiap Hari

0
BhasaFM
Wabup Yoyok Mulyadi saat mengunjungi pasien katarak di GOR Baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Meski pasien penderita mata katarak sudah dibatasi, namun masih banyak warga datang memeriksakan diri. Membludaknya pasien ini sempat membuat panitia kewalahan. Setiap hari ada sekitar 50 pasien tambahan yang datang.

Pengobatan mata gratis ini dilakukan Lembaga Pemberdayaan  Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) bersama John Fawcett Foundation (JFF) Australia. Kegiatan sosial ini dipusatkan di GOR Baluran Situbondo sejak Kamis kemarin.

Menurut Ketua LPM Merak, Kamarul Muniri, pihaknya tak bisa menolak warga yang datang memeriksakan mata, apalagi mereka sudah lanjut usia dan datang dari tempat cukup jauh.

Pria yang akrab dipanggil Arul itu mengaku, pasien penderita mata katarak dipastikan akan bertambah, mengingat ada warga yang melakukan pemeriksaan diketahui ternyata menderita katarak.

“tak hanya penderita katarak yang meningkat, namun pemberian kacamata gratis juga dipastikan melebihi kuota. Panitia tak bisa membendung animo masyarakat yang ingin mendapatkan pengobatan mata gratis”, tambah Arul.

Arul meminta maaf, jika tak semua warga yang datang terlayani dengan baik. Menurutnya, bagi penderita katarak yang tak mendapatkan kuota operasi, akan dimasukan pasien daftar tunggu dan akan dilakukan operasi pada kegiatan berikutnya di tahun ini juga.