Pelantikan Pimpinan DPRD Definitif Diperkirakan Rampung Akhir Bulan Ini

0
BhasaFM
Ketua DPRD (sementara) Edy Wahyudi (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pelantikan unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo, diperkirakan sudah rampung akhir bulan ini. Pernyataan ini diungkapkan Ketua DPRD Situbondo sementara, Edy Wahyudi, Minggu kemarin.

Menurut Edy Wahyudi, saat ini memang masih baru dua partai yang sudah memasukan nama unsur pimpinan ke Sekretariat DPRD, yaitu PKB dan Partai Gerindra. Sedangkan dua partai lainnya yaitu PPP dan Golkar masih menunggu SK DPP Partai masing-masing.

Edy Wahyudi mengaku, berdasarkan informasi terakhir baik PPP maupun Golkar sudah tinggal mengambil SK. Kemungkinan minggu ini semuanya sudah masuk Sekretariat DPRD.

Politisi asal Asembagus itu menambahkan, jika semua nama unsur pimpinan sudah masuk, akan langsung diumumkan melalui rapat paripurna sebagai syarat pengusulan SK ke Gubernur. Kemungkinan kata Edy Wahyudi, akhir bulan ini pimpinan DPRD definitif sudah terbentuk.

BACA JUGA :  Komunitas Kawal Pilkades Protes Sistem Skor Usia Bagi Bakal Calon Kades

Lebih jauh Edy Wahyudi menegaskan, meski saat ini belum ada pimpinan definitif, kegiatan anggota dewan tetap berjalan sebagaimana biasa. Edy menagku sudah melakukan rapat dengan Fraksi-Fraksi, untuk mengoptimalkan kinerja anggota dewan melalui Fraksi, karena Komisi-Komisi masih belum bisa dibentuk.

Edy menambahkan, sejauh belum ada pembentukan pimpinan definitif , maka dirinya sebagai Ketua DPRD sementara belum bisa membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Edy mengaku optimis, pembentukan AKD akan tepat waktu, karena sudah banyak tugas anggota dewan menunggu, seperti pembahasan RAPBD 2020.

Seperti diketahui, Unsur Pimpinan DPRD terdiri dari empat orang, utusan empat besar partai pemenang pemilu di Situbondo. PKB sebagai pemenang Pemilu mendapatkan jatah Ketua DPRD. PPP, Gerindra dan Golkar mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD.