Pemkab Anggarkan 1, 3 Miliar Tunjangan Kesejahteraan Guru PAUD di APBD 2020

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo menganggarkan tunjangan kesejahteraan guru PAUD sebesar 1, 3 Miliar melalui APBD 2020. Anggaran tersebut diperuntukan bagi 1. 530 guru PAUD se Situbondo.

Kepastian pemberian tunjangan guru PAUD disampaikan Bupati Dadang Wigiarto, untuk menjawab pertanyaan sejumlah fraksi di DPRD Situbondo, saat pengesahaan APBD 2020 beberapa waktu lalu.

Menurut Dadang, setiap guru PAUD akan mendapatkan tunjangan kesejahteraan sebesar 150 ribu setiap bulannya.  Pemkab mengangarkan tunjangan tersebut hanya untuk enam bulan  saja dengan jumlah anggaran sebesar 1 Miliar 377 juta.

Dadang mengaku, saat ini jumlah guru PAUD di Situbondo sekitar  2000 orang, sesuai data aplikasi Siswa dan Guru alias SISGUR. Namun karena terbatasnya anggaran baru 1. 530 guru mendapatkan tunjangan kesejahteraan.

BACA JUGA :  Sehari Sebelum Wafat, Bupati Dadang Wigiarto Berpesan Agar Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan

Dadang mengaku, anggaran kesejahteraan guru PAUD tahun 2020 sudah lebih bagus  jika di bandingkan tahun 2019. Melalui APBD 2019, tunjangan guru PAUD hanya dianggarkan dua bulan saja. Pencairan melibatkan Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan (Korwil Dikbudcam).

Tidak hanya itu, Dadang Wigiarto juga memastikan, bahwa pada tahun 2020 Pemkab tetap menganggarkan program beasiswa ke jenjang perguruan tinggi . Beasiswa unggul ini khusus bagi anak yang berasal dari keluarga miskin namun memiliki prestasi akademik.  Hanya saja tidak dijelaskan besaran anggaran serta peruntukan jumlah beasiswa.