Pemkab Situbondo Akan Bangun Dam Parit Alternatif Mengairi Lahan Pertanian

0
BhasaFM
ilustrasi

Situbondo- Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, akan membangun dam parit. Pembangunan dam parit ini untuk menopang sumber air termasuk di musim kemarau.

Pembangunan dam parit ini untuk menjaga produktifitas hasil pertanian. Saat ini masih banyak lahan pertanian dengan ketinggian tertentu sulit terjangkau saluran irigasi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Farid Kuntadi, pembangunan dam parit bukan sumber irigasi primer, namun diproyeksikan untuk mempermudah lahan sawah yang sulit dijangkau saluran irigasi.

Farid mengaku akan mengusulkan pembangunan dam parit ke Pemerintah pusat. Saat ini, pihaknya masih melakukan survei lapangan untuk mematangkan lokasi sumber mata air yang bisa dibangun dam parit. Sebab dam parit tak hanya mengandalkan tadah hujan, melainkan harus ada sumber mata airnya.

Farid menambahkan, pembangunan dam parit dilakukan di tempat dataran tinggi. Hal itu untuk memudahkan mengalirkan air ke sawah yang juga berada di tempat tinggi dan tak terjangkau saluran irigasi.