Pemkab Situbondo Akan Fasilitasi Peternak Kerjasama Kemitraan Jadi Peternak Modern

0
Pemaparan model kerjasama oleh PT Santosa Agrindo bersama perwakilan peternak, berlangsung di ruang rapat Bupati Pemkab Situbondo. (FOTO : Zain)

Pemkab Situbondo akan menfasilitasi kerjasama kemitraan bidang peternakan. Peternak sapi Situbondo bisa bekerjasama dengan PT. Santosa Agrindo,  untuk mengubah dari  peternak sapi tradisional menjadi peternak modern.

Pemaparan model kerjasama oleh PT. Santosa Agrindo bersama perwakilan peternak, berlangsung di ruang rapat Bupati Pemkab Situbondo, Rabu (14/02/2018). Kerjasama bidang peternakan ini bukan saja memelihara ternak, melainkan mengelola peternakan menjadi industri yang bisa menguntungkan peternak.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Situbondo, Aries Marhaento, melalui kerjasama kemitraan ini system peternakan akan dikelola seperti manajemen usaha. Peternak akan diberi kemudahan mendapatkan ternak sapi, serta akan difasilitasi mulai dari pakannya hingga pengelolaan kotoran sapi.

Aries menambahkan, saat ini jumlah sapi di Situbondo sekitar 165 ribu ekor. Selama ini sebagian besar peternak Situbondo masih sangat tradisional. Oleh karena itu kata Aries, melalui kerjasama kemitraan tersebut, para peternak akan mulai dirubah model mengelola ternak sapi.

Lebih jauh Kepala Dinas Peternakan Situbondo, Aries Marhaento, mengatakan, saat ini sentra peternakan sapi masih berpusat di sejumlah Kecamatan. Melalui kerjasama kemitraan ini, penyebaran ternak sapi akan lebih meluas, karena pihak ketiga akan memberikan bantuan ternak dengan model kerjasama kemitraan.