Pemkab Situbondo Akan Wajibkan Sekolah Formal Ikut Program Madin

0
BhasaFM
Pemkab Situbondo akan wajibkan sekolah formal ikut program Madin (19/10) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Semua sekolah formal  di Situbondo akan diwajibkan mengikuti program Madrasah Diniyah (Madin). Penerapan Madin ini sesuai amanah Perda tentang Madin yang sudah disahkan DPRD Situbondo 2017 silam.

Penerapan Madin ini tak jauh berbeda dengan program Baca Tulis dan Hafal Alquran (BTHQ) sebelumnya. Hanya saja, setiap jenjang sekolah akan mengikuti program Madin yang berbeda. Untuk jenjang pendidikan SD akan mengikuti kelas Madin Awwaliyah. Pendidikan SMP kelas Wustho, sedangkan jenjang pendidikan   SMA akan mengikuti Madin kelas Ulyaa.

Untuk pelaksanaan program Madin di sekolah formal ini, Bupati Dadang Wigiarto telah  menggelar rapat gabungan bersama Komisi IV DPRD Situbondo, Kementerian Agama serta perwakilan guru Madrasah Diniyah, di Kantor Pemkab (19/10) kemarin.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, secara teknis pelaksanaan program Madin di sekolah formal masih sedang dirumuskan. Dadang mengaku, butuh pertemuan lagi untuk mengevaluasi persiapan teknis pelaksanaan Madin di sekolah formal. Rumusan teknis program Madin oleh tim gabungan, akan dituangkan ke dalam Peraturan Bupati (Perbup).

Saat ini kata Dadang, sudah ada beberapa gambaran pelaksanaan Madin di sekolah formal. Yang pasti, penerapan Madin tidak akan mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. Untuk tahap awal, program Madin kemungkinan akan diterapkan di Sekolah Dasar. Setelah itu baru ke SMP dan SMA.

Lebih jauh Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, selain tim gabungan mempersiapkan teknis penerapan Madin, Pemkab juga mempersiapkan sumberdaya manusianya. Sedangkan anggaran untuk program Madin, kemungkinan baru bisa dianggarkan melalui APBD Perubahan 2019 mendatang.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Situbondo, Janur Sastra Ananda, mengatakan,  saat ini sudah ada titik temu regulasi penerapan Madin di sekolah formal. Janur berharap, pelaksanaan program Madin bisa segera di lakukan di skeolah formal.