Pemkab Situbondo Mendorong Setiap Desa Punya Perpustakaan

0
BhasaFM
Rapat Koordinasi, Pemkab dorong semua Pemdes punya perpustakaan (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Situbondo menggelar rapat koordinasi pengembangan perpustakaan. Rapat koordinasi bersama Ketua tim penggerak PKK Kecamatan dan desa, untuk mendorong setiap desa di Situbondo membentuk perpustakaan.

Sejauh ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah membuat terobosan program bernama Ceria Manis. Program ini merupakan kepanjangan dari Cerdas, Ceria, bermain dan Berimajinasi.

Menurut Sekda Situbondo, Syaifullah, secara teknis pembentukan perpustakaan desa bisa dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Pemerintah desa. Dinas akan menyediakan fasilitas buku bacaan, sedangkan pemdes menyediakan tempatnya.

BACA JUGA :  Mengunjungi Kampung Tangguh, Kapolres Ingatkan Warga Pakai Masker

Syaifullah mengaku, tempat perpustakaan sebenarnya tidak perlu terlalu bagus dan formal. Pemdes bisa memanfaatkan tempat terbuka seperti kawasan wisata dan tempat bermain. Yang jelas, perpustakaan itu harus mampu menarik masyarakat untuk datang.

Syaifullah menambahkan, peran perpustakaan sangat strategis karena berhubungan dengan Sumberdaya Manusia. Oleh karena itu, melalui Perpustakaan sebagai wahana belajar, akan mengembangkan potensi masyatakat pedesaan.