Pemprov dan Pemkab Situbondo Bantu Penyambungan PLN Gratis Bagi 3. 799 Warga Miskin

0
BhasaFM
Bantuan penyambungan listrik gratis bagi warga miskin (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab dan Pemprov Jawa Timur, membantu penyambungan listri gratis bagi ribuan warga miskin di Situbondo. Saat ini, masih ada sekitar 19 ribu warga miskin belum tersambung listrik karena keterbatasan ekonomi.

Dari jumlah tersebut baru 3. 799 warga miskin mendapat bantuan listrik. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan Pemkab Situbondo sebanyak 445 warga miskin dan 2.500 warga miskin mendapat bantuan Pemprov Jawa Timur.

Menurut Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, warga miskin penerima bantuan sambungan listrik ini tersebar di lima Kecamatan, yaitu  Kecamatan Panji, Besuki, Kapongan, Mlandingan dan Jatibanteng.

Yoyok Mulyadi mengaku, melalui bantuan sambungan listrik One Man One Hope, diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan warga miskin. Tahun 2020 ini akan ditambah lagi bantuan sambungan listrik gratis bagi 4.000-an warga miskin di Situbondo.

Sementara itu, Manajer PT PLN Situbondo, M. Abdul Basith, mengatakan, bahwa program penyambungan listrik gratis melalui gerakan sosial One Man One Hope merupakan program nasional PT PLN.

Abdul Basith mengaku, masih ada ribuan warga Situbondo tersebar di 40 dusun belum tersambung listrik.  Umumnya mereka berada di daerah pegunungan dan aksesnya sangat sulit dijangkau.

Menurut Abdul Basith, butuh waktu sekitar dua tahun ke depan untuk menuntaskan aliran listrik ke rumah-rumah warga yang sulit terjangkau. PLN akan bersinergi dengan Pemkab Situbondo, agar membantu menyediakan akses jalan untuk memudahkan PLN menjangkau daerah-daerah terpencil.