Pendaftar Kandidat Cakades Lebih Lima Orang Akan Diseleksi 30 September Mendatang

0
BhasaFM
Kabid Pemerintahan Desa Pemkab Situbondo Yogie Kripsian Sah (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebagian besar Desa yang akan melangsungkan Pilkades sudah menutup pendaftaran kandidat Calon Kepala Desa, Senin kemarin. Bagi pendaftar yang melebihi lima orang kandidat akan dilakukan seleksi 30 September mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa Pemkab Situbondo, Yogie Krispian Sah, sebagian besar desa memang sudah menutup tahapan pendaftaran. Sesuai ketentuan jumlah pendaftar kandidat calon Kepala Desa maksimal lima orang.

Yogie mengaku, pelaksanaan tes tersebut hanya untuk menentukan kandidat calon kepala desa maksimal lima orang, bagi desa yang memiliki kandidat lebih dari lima orang.

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Situbondo Ingatkan ASN Harus Bersikap Netral

Yogie menambahkan, seleksi kandidat calon kepala desa meliputi penilaian pengalaman di pemerintahan, tingkat pendidikan dan  usia. Selain itu ada tes tulis yang akan melibatkan tim independen 30 September mendatang.

Menurutnya, pelaksanaaan Pilkades akan berlangsung 23 Oktober mendatang. Pilkades berlangsung serentak di 116 Desa se-Situbondo. Pilkades bertambah dari 115 menjadi 116 ditambah Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih.

Lebih jauh Yogie Krispian Sah mengingatkan, agar panitia Pilkades menjaga netralitas. Berdasarkan evaluasi dari tahun ke tahun, sumber permasalahan terbesar kegaduhan Pilkades disebabkan karena netralitas penyelenggara.