Penitia Pilkades E-Voting di Lima Desa Akan Diberi Pembekalan Khusus

0

Situbondo- Hanya lima desa dari 116 desa yang akan melaksanakan Pilkades di Situbondo menggunakan e-voting. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), akan memberikan pembekalan khusus bagi Panitia yang akan melangsungkan Pilkades e-voting.

Pilkades menggunakan system e-voting yaitu mengubah dari mencoblos ke menyentuh gambar calon di layar monitor.  Pemilih tinggal menyentuh foto dan nama calon kemudian mendapatkan print out sebagai bukti memilih. Lima desa yang akan melangsungkan Pilkades e voting yaitu Desa Klatakan,  Desa Kukusan,  Desa Balung, Desa Bugeman, Desa Rajekwesi. Semuanya berada di Kecamatan Kendit.

Menurut Kepala DPMD Pemkab Situbondo, Suradji, Pilkades di 116 desa akan berlangsung serentak 23 Oktober mendatang. Saat ini salah satu tahapan Pilkades masih melakukan verifikasi data pemilih. Sebagian desa juga sudah menutup pendaftaran calon.

BACA JUGA :  Menang Lomba MIPA, Tiga Siswa SD Bebas Pilih Masuk SMP Negeri di Situbondo

Suradji mengaku, untuk lima desa yang melangsung Pilkades e-voting proses verifikasi pemilih menggunakan elektronik verifikasi yaitu aplikasi yang dapat menvalidasi NIK. Lima desa yang akan melaksanakan Pilkades e-voting akan jadi proyek percontohan, karena dimasa mendatang semua Pilkades di Situbondo akan menggunakan e-voting karena akan lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, Suradji juga menjelaskan, bahwa awalnya Pilkades akan berlangsung di 115 desa. Namun bertambah menjadi 116 karena Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, juga diikutkan Pilkades berdasarkan aspirasi yang tertuang dalam keputusan BPD.