Penyebrangan Jangkar Tetap Beroperasi Tapi Jumlah Penumpang Dibatasi

0
Bhasafm
pemudik di pelabuhan jangkar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Gugus Tugas Covid-19 Situbondo mengijinkan penyebrangan di pelabuhan Jangkar tetap beroperasi. Satgas meminta operator kapal feri membatasi jumlah penumpang.

Ketua Satgas Covid-19 Situbondo, Syaifullah mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pihak pelabuhan dan dinas terkait, penyebrangan di pelabuhan Jangkar menuju sejumlah kepulauan di Madura tetap dijinkan beroperasi.

Syaifullah mengaku, Satgas memperketat protokoler penyebrangan di pelabuhan. Selain penumpang harus dibatasi, setiap penumpang yang akan menyebrang harus mengenakan masker dan melalui pengetesan suhu tubuh.

Menurutnya, bagi penumpang yang suhu tubuhnya tinggi tidak dijinkan naik kapal. Selain itu, Satgas juga meminta kapal feri selalu steril dan disemprot disinfektan setiap kali penyebrangan.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Lebih jauh Syaifullah mengatakan, bahwa diperbolehkannya penyebarangan di pelabuhan Jangkar mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, Tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan Covid-19. Penyebrangan masih diperbolehkan dalam satu wilayah Provinsi, karena belum ada pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Meski demikian, Satgas juga tak mengijinkan operator kapal feri menambah armada penyebrangan.