Peringati Harjakasi ke 201, Kabupaten Situbondo Naik Kasta Jadi Daerah Berkembang dan Maju

0
BhasaFM
Kirab kereta kencana mewarnai peringatan Harjakasi ke 201 dari Kantor Pemkab menuju alun-alun Situbondo(Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke 201, Kamis pagi kemarin. Kirab kereta kencana mewarnai acara puncak Harjakasi yang berpusat di alun-alun Situbondo.

Bupati Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, naik kereta kencana bersama pejabat Forkopimda dari Kantor Pemkab menuju alun-alun. Sepanjang perjalanan rombongan kereta kencana disambut ribuan warga dan siswa.

Harjakasi kali ini terbilang istimewa. Memasuki di usianya ke 201 tahun, Kabupaten Situbondo ditetapkan menjadi Kabupaten berkembang dan maju. Pemerintah pusat telah mencabut status Kabupaten Situbondo sebagai daerah tertinggal.

BhasaFM
Bupati dan Wakil Bupati menyapa masyarakat di sepanjang jalan menuju alun-alun Situbondo.(Zaini Zain)

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, kirab kereta kencana sebagai simbol kebersamaan semua pejabat di Situbondo. Semua pemangku kepentingan harus bersama-sama memajukan Situbondo.

Dadang mengatakan, setelah lepas sebagai daerah tertinggal dan menjadi daerah berkembang dan maju, Kabupaten Situbondo harus lebih mandiri. Salah satu caranya menggali potensi pendapatan asli daerah.

Saat ini kata Dadang, pertumbuhan ekonomi di Situbondo pada triwulan pertama dan kedua cukup mencengangkan. Geliat perkembangan ekonomi tidak lepas adanya tahun kunjungan wisata, serta menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai daerah agraris melalui program penyuburan lahan.

BACA JUGA :  Tata Janeeta Hipnotis Pengunjung Wisata Plaza Rengganis Situbondo

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi ini tentu bisa diukur melalui tingkat kesejahteraan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selain itu, dampak pertumbuhan ekonomi bisa dilihat terhadap menurunnya angka kemiskinan di masa mendatang.

Lebih jauh Bupati Dadang Wigiarto menegaskan, momentum tahun kunjungan wisata harus benar-benar dimanfaatkan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Dadang mengaku bersyukur karena tahun kunjungan wisata mendapat dukungan para pemilik modal lokal. Oleh karena itu, Dadang meminta pelayanan perijinan harus terus di sederhanakan untuk menciptakan iklim investasi yang aman di Situbondo.

Dadang menegaskan, jika semua kerangka besar yang telah dirintis berjalan sesuai rencana, dirinya optimis Kabupaten Situbondo akan terus maju dan bersaing dengan Kabupaten lain.