Petani Kopi Sumbermalang Butuh Bantuan Bibit

0
BhasaFM
Kopi khas Sumbermalang diproyeksikan jadi salah satu produk unggulan (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kopi asal Sumbermalang sudah mulai merambah pasar di kota-kota besar. Saat ini, luas lahan perkebunan kopi di lereng gunung argopuro tersebut sekitar 1000 hektar.

Para petani mengaku butuh bantuan bibit, untuk mengembangkan perkebunan kopi. Petani mengaku akan mengembangkan perkebunan kopi menjadi 30 ribu hektar untuk memenuhi kebutuhan pasar.

BhasaFM
Petik kopi khas rasa pisang di lereng gunung Argopuro Kecamatan Sumbermalang (foto: Zaini Zain)

Salah seorang petani kopi Abdul Aziz, mengatakan, untuk mengembangkan lahan perkebunan kopi, para petani selain membutuhkan bibit juga memerlukan bantuan peralatan mesin.

Abdul Aziz mengaku, saat ini sudah banyak masyarakat tertarik menanam kopi, karena penghasilannya memang menjanjikan. Apalagi kopi Kecamatan Sumbermalang dikenal memiliki cita rasa khas tersendiri yaitu rasa pisang.

BACA JUGA :  Khawatir Tercemari Limbah Medis, Belasan Warga Adukan RS Mitra Sehat ke DLH

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Situbondo, Syaifullah, mengaku sangat mengapresiasi perkebunan kopi Sumbermalang, yang membantu menekan angka kemiskinan.

Menurut Syaifullah, saat ini pertumbuhan ekonomi masyarakat terus membaik dari tahun ke tahun.  Kecamatan Sumbermalang berada di urutan ke 11 dari 17 Kecamatan di Situbondo.

Syaifullah mengaku, selain mendorong laju pertumbuhan ekonomi, perkebunan kopi di Sumbermalang diharapkan bisa menopang destinasi wisata plaza rengganis.