PG Asembagus Gunakan Alat Full Otomatic, HPP Turun Petani Untung

0
BhasaFM
General Manajer PG Asembagus Danang Krisworo saat acara diskusi bersama para wartawan (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pabrik Gula Asembagus sudah selesai dilakukan revitalisasi. Menggunakan peralatan full otomatic tercanggih, PG Asembagus bisa giling 6000 ton perhari. Hal ini akan menggairahkan kembali petani tebu di Situbondo.

Dengan menggunakan peralatan canggih, Harga Pokok Produksi (HPP) di PG Asembagus akan turun dan menguntungkan petani. Demikian diungkapkan General Manajer PG Asembagus, Danang Krisworo.

Menurut Danang, PG Asembagus mulai giling pertengahan tahun 2019. Ada beberapa kendala proses revitalisasi karena semua peralatan di impor dari luar negeri. Saat ini kata Dadang, PG Asembagus sudah melakukan uji coba.

Danang menambahkan, setelah dilakukan revitalisasi PG Asembagus bisa giling tebu 6000 ton perhari. Kapasitas giling meningkat dari sebelumnya yang hanya 3000 ton perhari.

BACA JUGA :  16 Wajah Baru di DPRD Situbondo, Salah Satunya Istri Bupati Dadang Wigiarto

Danang mengaku, peningkatan kapasitas giling ini diharapkan akan menggairahkan petani menanam tebu. Oleh karena itu, PG Asembagus menyiapkan kredit bagi petani  yang akan menanam tebu.

Danang menjelaskan, PG Asembagus manargetkan giling tebu minimal 900 ribu ton. Dengan demimian, PG Asemabagus membutuhkan lahan seluas 9000 hektar. Saat ini lanjut Danang, lahan PG Asembagus yang tersedia baru sekitar 700 ribu ton. Jadi masih butuh perluasan lahan untuk memenuhi target minimal giling sebanyak 900 ribu ton tersebut.