PPK Mulai Hitung Hasil Pemilu, Satu TPS Bisa Makan Waktu Satu Jam

0
BhasaFM
PPK Kecamatan Besuki melakukan penghitungan suara dari siang sampai malam hari (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), mulai melakukan penghitungan hasil pemilu. Rekapitulasi manual hasil Pemilu 17 April lalu itu berlangsung alot. Penghitungan suara satu TPS bisa memakan waktu 1 jam.

Ada 16 PPK melakukan penghitungan suara. Penghitungan dilakukan sejak pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam. Selain menghitung hasil Pilpres, PPK juga menghitung perolehan suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Proses penghitungan suara disaksikan saksi Parpol, pemantau dan Panwascam. Penghitungan di bagi menjadi dua kelompok untuk mempercepat proses penghitungan.

Anggota Panwascam Besuki, Novia Kurniawanti mengatakan, penghitungan surat suara masing-masing TPS memang berlangsung cukup lama. Sebab jika ada kesalahan penulisan di formulir C1, penghitungan bisa sampai 1 jam karena harus membuka  C1 plano terlebih dahulu.

BACA JUGA :  49 Anggota Polres Dilatih Jadi MC

Novia mengaku, sejak pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam, di PPK Besuki hanya bisa menghitung dua desa, yaitu Desa Bloro dan Desa Widoropayung, ,

Menurut Divisi KPU Situbondo, Agus Cahyono Basuki mengatakan, sesuai tahapan penghitungan hasil Pilpres dan Pileg akan berlangsung hingga 4 Mei mendatang di tingkat Kecamatan. Sedangkan penghitungan di tingkat Kabupaten, akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang.