Punya Gedung DC2T Pertama di Indonesia, Dinkes Situbondo Layani Pasien Melalui Digital

0
BhasaFM
Melalui Gedung DC2T pelayanan kesehatan di Situbondo akan terpantau dan pasien bisa memanfaatkan pelayanan cepat berbasis digital (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo memiliki gedung DC2T atau Dinkes Command Centre and Theatre. Gedung DC2T ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Dinkes Command Centre and Theatre, akan memberikan pelayanan berbasis digital kepada masyarakat.  Para pasien akan lebih mudah mendapatkan pelayanan, karena dapat mendaftar melalui digital hanya cukup menempelkan e-KTP.

Gedung Dinkes Command Centre and Theatre diresmikan Bupati Dadang Wigiarto. Gedung ini diberi dr. Rusdi Aliudin, yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan pertama di Situbondo, serta pernah menjadi anggota Badan Kesehatan Dunia WHO.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi, Gedung Dinkes Command Centre and Theatre, didesain seperti studio teater mini memiliki beberapa fungsi sekaligus. Selain menjadi ruang rapat, juga jadi ruang  pusat informasi data terpadu pasien, yang terangkum dalam berbagai aplikasi,  serta dilengkapi fitur Early Warning System, untuk pemantauan penyakit potensial wabah dan kejadian luar biasa.

Abu Bakar menambahkan, melalui Dinkes Command Centre and Theatre,  jumlah pasien di Situbondo dapat terpantau setiap hari. Selain itu, pelayanan kesehatan juga terpantau hingga pemberian obat kepada pasien.

Lebih jauh Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi mengatakan, fungsi lain gedung  Dinkes Command Centre and Theatre, yaitu  dilengkapi berbagai aplikasi dan videografi, yang dapat ditonton pegawai kesehatan. Selain itu, Saat ini Dinkes dilengkapii gedung pusat kebugaran.