Ratusan Proyek Jamban DPKP 2017 Diduga Fiktif

0
BhasaFM
Inilah satu penampakan proyek jamban DPKP. (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Proyek pembangunan ratusan jamban di Desa Battal, Kecamatan Panji, mulai disoal karena diduga banyak yang fiktif. Proyek senilai hampir setengah miliar itu merupakan program Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) tahun 2017 silam.

Dugaan proyek jamban fiktif  itu diungkap Lembaga Komando Pemberantasan Korupsi (LKPK) Situbondo. LKPK menemukan dari 284 pembangunan jamban, namuan hanya 141 yang dikerjakan.

Menurut Ketua LKPK Situbondo, Kalianto,  berdasarkan hasil investigasi di lapangan, pihaknya menemukan dugaan proyek jamban fiktif tersebut sekitar 148 titik. Setiap proyek jamban dianggarkan 1,7 juta. Jika dikalikan proyek tersebut hampir setengah miliar.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Antusias Menyaksikan Gerak Jalan Kreatif

Kalianto menambahkan, pengerjaan proyek jamban tersebut juga diduga tak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB). Oleh karena itu, Kalianto mengaku akan melaporkannya ke Tipikor Polres Situbondo.         Kalianto mengaku sudah melaporkan ratusan proyek jamban diduga fiktif itu ke DPKP. Dinas harus bertanggung jawab sebagai leadingsector proyek tersebut.