Ratusan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi Ditemukan Rusak

0
BhasaFM
bukti surat suara yang rusak (foto; Zaini Zain)

Situbondo- Sudah sepekan ini para pekerja menyotir dan melipat surat suara Pemilu, di gudang logistik KPU Situbondo, di jalan Basuki Rahmad. Pekerja menemukan ratusan surat rusak.

Hingga siang kemarin, ada 490 surat suara ditemukan rusak. Surat suara yang rusak tersebut yaitu untuk DPRD Provinsi dan DPR RI. KPU mengumpulkan surat suara yang rusak untuk mendapatkan ganti.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, setelah proses penyotiran dan pelipatan surat suara selesai, KPU akan menghitung seluruh surat suara yang rusak. Selanjutnya akan dilaporkan ke percetakan untuk mendapatkan ganti sesuai jumlah surat suara yang rusak.

Marwoto menambahkan, saat ini sekitar 150 pekerja baru menyotir dan melipat surat suara DPRD Provinsi dan DPR RI. Surat suara yang rusak dipastikan akan bertambah, mengingat surat suara DPRD Kabupaten, DPD dan Capres-Cawapres masih belum disotir. Surat suara yang ditemukan rusak bermacam-macam, ada yang kotor terkena tinta, ada yang robek dan ada pula yang terpotong.

Lebih jauh Marwoto menambahkan, pihaknya akan mengevaluasi penyotiran dan pelipatan suara suara satu minggu ke depan. Jika selama dua pekan pelipatan belum juga selesai, KPU akan segera menambah lagi pekerja.