Ribuan Warga Miskin Lansia di Situbondo Diusulkan Jadi Penerima PKH

0
BhasaFM
Validasi data, Petugas menemui warga miskin lansia calon penerima bantuan PKH di Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Sosial Pemkab Situbondo mengusulkan ribuan warga miskin lanjut usia (Lansia) menjadi penerima Bantuan Program Kelurga Harapan (PKH). Usulan tersebut sudah terverifikasi melalui Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Kemensos RI.

Ada 3. 355 warga miskin di Situbondo diusulkan jadi penerima PKH baru tahun 2020 mendatang. Saat ini petugas kembali melakukan validasi data di lapangan untuk memastikan layak tidaknya calon penerima PKH.

Sebelumnya, ribuan warga miskin itu sudah menerima program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) namun tidak masuk penerima PKH. Ada pula yang belum menerima bantuan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah.

Menurut Koordinator PKH Situbondo, Agus Ari Cahyadi, dari 3. 355 warga miskin yang diajukan jadi penerima PKH baru, sebagian besar dari mereka adalah lansia sesuai progress laporan harian para pendamping di lapangan.

Agus Ari mengaku, ada 119 pendamping PKH sedang melakukan validasi data 3. 355 warga miskin yang tersebar di 17 Kecamatan.  Pendamping dor to dor karena khawatir ada keselahan data  dan tidak tepat sasaran.  Sebab warga miskin penerima PKH harus memenuhi beberapa komponen, seperti sedang hamil atau miliki balita, memiliki anak sekolah serta lansia dan disabilitas.

Setiap tahunnya kata Agus Ari, selalu ada penambahan data baru penerima PKH Situbondo, sekaligus akan ada pengurangan jumlah penerima PKH yang lama karena  sudah mandiri. Agus menambahkan, kemungkinan masih ada warga miskin belum tercover karena terkendala update data warga miskin di setiap Desa.

BACA JUGA :  Satgas Luncurkan Mobil Pemburu Untuk Menindak Masyarakat Tak Pakai Masker
BhasaFM
Petugas menemui warga miskin lansia calon penerima bantuan PKH di Situbondo (Foto; Zaini Zain)

Agus Ari mengatakan, tidak semua warga miskin bisa menerima bantuan PKH, karena program PKH merupakan bantuan bersyarat, yaitu memenuhi beberapa komponen baik bidang kesehatan, pendidikan dan Kesos atau Kesejahteraan Sosial. Untuk lansia dan penyandang disabilitas masuk kategori bidang Kesos.

Menurutnya, secara nasional validasi data penerima bantuan PKH baru harus rampung 5 Septemtember mendatang. Selanjutnya, penerima PKH yang sudah tervalidasi akan di undang menandatangani surat komitmen. Setelah nama penerima masuk entry data E-PKH, akan dibuatkan rekening secara kolektif.

Setelah itu, warga miskin akan mendapatkan kartu kesejahteraan sosial. Setiap warga miskin menerima bantuan bervariasi sesuai komponennya. Bantuan dicairkan tiga kali tahapan ke rekening penerima masing-masing. Untuk warga miskin lansia akan menerima bantuan PKH sebesar 2 juta 400 ribu ditambah bantuan pokok sebesar 550 ribu.        

Sesuai Data Dinas Sosial Situbondo.  Tahun ini jumlah warga penerima PKH di Situbondo sebanyak 37 ribu 531 penerima. Dari jumlah tersebut terbesar penerima PKH di Kecamatan Besuki yaitu 4 ribu 676 warga. Diurutan kedua Kecamatan Sumbermalang  sebanyak 3 ribu 370 warga.