Salah Gunakan Dana Desa, Bupati Situbondo Minta Kades Diusulkan Diberi Sanksi

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, sepertinya masih belum puas hasil penggunaan Dana Desa  (DD). Masih banyak desa belum berkembang, meski telah disuntik Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, berdasarkan hasil evaluasi di lapangan, masih banyak Kepala Desa tidak taat asas system tata kelola pemerintahan yang baik. Dadang meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa,  untuk mengusulkan Kepala desa diberi sanksi.

Dadang mengaku, bagi kepala desa yang berulangkali tidak bisa mempertanggung jawabkan penggunaan dana desa, agar Pemdes mengusulkan diberi saksi, baik sanksi teguran, pemberian sanksi skorsing maupun diberhentikan.

Dadang menegaskan, pada tahun 2018 dirinya telah memberikan rekomendasi, agar salah satu Kepala Desa di Kecamatan Jangkar dipecat, karena tidak mempertanggung jawabkan penggunaan dana desa.

Lebih jauh Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, saat ini memang masih banyak Pekerjaan Rumah yang harus dituntaskan terkait pemerintahan desa. Dadang  mengaku akan mengeluarkan Peraturan Bupati  (Perbup) tentang teknis menggunaan dana desa, untuk membatasi penyalahgunaan dana desa.

Selain itu kata Dadang, kedepan perlu penguatan tenaga pendamping, agar Kepala Desa lebih kreatif menggunakan dana desa. Selama ini, penggunaan dana desa lebih banyak diperuntukan membangun infratruktur.  Padahal penggunaan dana desa harus menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.