Semua Desa Melangsungkan Pemilihan BPD

0

Situbondo– Tahun 2019 bisa dibilang tahun pemilihan. Selain pemilihan umum, saat ini di setiap desa di Situbondo sibuk melakukan pemilihan Badan  Permusyawaratan Desa (BPD). Bahkan akhir tahun ini ada 115 desa akan melaksakan Pilkades.

Dijadwalkan, pemilihan BPD sudah rampung bulan Mei nanti, mengingat masa jabatan BPD lama akan berakhir bulan Juni mendatang. Dari 132 Desa di Situbondo sebagian sudah selesai merampungkan pemilihan BPD.

Menurut Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, Yogie Kripsian Sah, berdasarkan pemantauan di lapangan sebagian desa sudah mulai melakukan pemilihan anggota BPD.

BACA JUGA :  Dampak Virus Corona, Pekerja Asal Situbondo di Hongkong Keluhkan Kelangkaan Masker

Yogie mengaku sangat mengapresiasi pemilihan BPD, karena antusias masyarakat cukup tinggi. Pemilihan BPD dilakukan langsung di setiap dusun. Jumlah BPD setiap desa berbeda-beda sesuai dengan jumlah penduduknya.

Yogie menjelaskan, setiap dusun memiliki satu orang BPD. Sebagai legislatif tingkat desa, peran BPD sangat vital memajukan roda pemerintahan desa. Yang tak kalah pentingnya kata Yogie, setiap desa harus ada keterwakilan satu orang perempuan di dalam BPD.

Lebih jauh Yogie mengatakan, proses pemilihan BPD harus rampung bulan Mei. Setelah proses pemilihan, nama-nama BPD terpilih diserahkan ke Kecamatan dan pihak Kecamatan menyerahkan ke DPMD. Semua anggota BPD terpilih akan dilantik bulan Juni mendatang melalui SK Bupati.