Serapan Anggaran Rendah, Bupati Situbondo Tegur Sejumlah Kepala OPD

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, menegur sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), saat menggelar rapat koordinasi di aula Pemkab Situbondo, (28/9) kemarin. Dadang Wigiarto geram, karena rendahnya serapan anggaran di sejumlah OPD tersebut.

Rendahnya serapan anggaran tersebut, menunjukan rendahnya realisasi program kerja yang direncanakan. Hingga September 2018, ada sejumlah OPD baru 50 persen menyerap anggaran.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, perlu ada koordinasi yang baik antara Kepala OPD, dengan staf pelaksana teknis setiap program kerja. Melalui koordinasi dan evaluasi, akan diketahui progress setiap program kerja.

Dadang meminta, agar Kepala OPD yang serapan anggarannya rendah untuk bertanggung jawab. Dadang memberi batas waktu hingga 30 September merampungkannya. Jika belum selesai sejumlah OPD tersebut tidak akan diberi anggaran APBD Perubahan.

Dadang mengaku, ada sekitar seperenam OPD yang serapan anggarannya rendah. Menurutnya, memang tidak semua rendahnya serapan anggaran itu kesalahan OPD.  Sebab ada juga serapan anggaran sudah berjalan, namun pihak ketiga tidak segera merampungkannya.  Kedepan kata Dadang, semua program kerja harus terukur progress kinerjanya.