Situbondo Penopang Utama Pemenuhan Hewan Ternak di Jawa Timur

0
BhasaFM
Ternak Situbondo jadi penopang utama di Jawa Timur (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Peternak Situbondo menjadi penopang utama kebutuhan hewan ternak di Jawa Timur. Tingginya populasi hewan ternak sapi di Situbondo menuai pujian Pemerintah Pusat.

Menurut pokja Upsus Siwab Kementerian Pertanian RI, Maidaswar, sepertiga hewan ternak di Indonesia berada di Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Situbondo ternyata jadi penopang utama.

Ditemui usai meninjau kontes ternak di alun-alun Besuki, Misdawar berharap populasi hewan ternak kian meningkat guna swasembada ternak di Indonesia. Kegiatan kontes ternak harus terus dilakukan untuk mendorong peternak terus berkembang.

BACA JUGA :  Tata Janeeta Hipnotis Pengunjung Wisata Plaza Rengganis Situbondo

Misdawar menambahkan, kontes ternak sangat bersinergi dengan program pemerintah pusat yang terus menggalakan program upsus siwab di seluruh Indonesia.

Lebih jauh Misdawar mengatakan, sudah tiga tahun terakhir ini pemerintah pusat menggalakan program Upsus Siwab. Hasilnya sangat mengembirakan, dengan alokasi anggaran 1, 7 triliun sudah menghasilkan sekitar 4 jutaan sapi anakan melalui Inseminiasi Buatan (IB) se Indonesia.