Situbondo Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak

0
Situbondo- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), memberikan penghargaan kepada Pemkab Situbondo sebagai Kabupaten Layak Anak. Penghargaan tersebut diterima Sekretaris Daerah Syaifullah, Selasa kemarin (24/7).

Penghargaan diberikan langsung Menteri PPPA Yohana Yembise, pada acara puncak peringatan  Hari Anak Nasional di Dyandra Convention Center Surabaya.

Ada 177 Kabupaten,Kota se Indonesia menerima penghargaan KLA.  Ada beberapa kategori penghargaan, masing-masing 113 Kateregori pertama, 51 Madya dan 2 katergori KLA utama.

Berdasarkan verisikasi penilaian, ada beberapa indikator Kabupaten Layak Anak, terangkum dalam 5 klaster konvensi hak anak, yaitu klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, kesehatan dan kesejahteraan, Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus.

Menurut Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah, Pemkab Situbondo baru tahun ini mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak. Syaifullah mengaku,  penghargaan ini merupakan hasil  kerja keras dan komitmen bersama  para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo.

Menurutnya, penghargaan tersebut sebenarnya bukan tujuan utama, sebab yang terpenting terpenuhinya hak-hak anak. Dengan Kabupaten Layak Anak, dimasa mendatang akan melahirkan generasi berkualitas.