SK Pemberhentian Kades Tanjung Pecinan Nunggu Tandatangan Bupati

0

Situbondo- Pemkab Situbondo akan memberhentikan Kades bermasalah dengan penggunaan Dana Desa. Salah satu Kades yang akan diberhentikan sementara yaitu Kepala Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran.

Saat ini, Surat pemberhentian tersebut hanya tinggal menunggu tandatangan Bupati Dadang Wigiarto. Kades Tanjung Pecinan diberhentikan sementara, karena kesandung kasus penggunaan dana desa 2018 sekitar 315 juta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Situbondo, Suradji, mengatakan, pemberhentian Kades Tanjung  Pecinan masih bersifat sementara. Saat ini, SK pemberhentiannya sudah ada di meja Bupati.

Menurut Suradji, setelah SK pemberhentian sementara tersebut ditandatangani Bupati, maka proses kepemimpinan Desa Tanjung Pecinan akan digantikan oleh Pj Kades. Sedangkan Kades Hamizun sudah bisa lagi menjalankan roda pemerintahan desa.

BACA JUGA :  LSM Gempur Minta Komisi II DPRD Situbondo Menyelidiki Desas Desus Penjualan Aset Pemkab

Seperti diketahui. Dugaan penyimpangan dana desa di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, sudah ditangani penyidik Tipikor Polres Situbondo sejak Pebruari 2019 lalu. Penyidik mengusut penggunaan dana desa tersebut setelah inspektorat Pemkab Situbondo menemukan penggunaan anggaran tak bisa dipertanggung jawabkan.        

Semula ada anggaran dana desa sebesar 473 juta 664 ribu untuk pembangunan infrastruktur. Namun dalam pelaksanaannya, inspektorat menemukan dana sekitar 315 juta tidak dipergunakan sesuai peruntukannya.