Sudah 132 Desa di Situbondo Terbentuk KIM

0
BhasaFM
Kepala Dinas Kominfo dan Persandian saat menghadiri pengukuhan KIM di Kelurahaan Ardirejo, Kecamatan Panji (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Saat ini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), sudah terbentuk di 132 Desa dan empat Kelurahan di Kabupaten Situbondo. Keberadaan KIM ini diharapkan akan membantu mendorong partisipasi masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Dadang Aries Bintoro, saat menghadiri pengukuhan KIM Ardirejo Unggul, di Kelurahaan Ardirejo, Kecamatan Panji, Rabu kemarin.

Menurut Dadang, pembentukan KIM ini merupakan amanah undang-undang. Setiap desa dan kelurahan sudah terbentuk KIM, untuk menopang kinerja Pemerintah menyampaikan informasi kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Blusukan Sambangi Pasien Corona Sedang Isolasi di Rumah

Selain itu kata Dadang, fungsi KIM juga mengolah informasi di masyarakat agar memiliki daya saing, seperti potensi wisata maupun pelaku home industry.

Dadang berharap, keberadaan KIM ini akan semakin optimal sebagai mitra Pemerintah. Selain bisa menggunakan platform media sosial menyebarluaskan informasi, semua KIM di Situbondo juga bisa memanfaatkan media digital yang difasilitasi Kominfo.        

Tak kalah pentingnya lanjut Dadang, KIM juga berfungsi memverifikasi informasi, sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi akurat bukan HOAX