Sudah Final, Jalan Tol Probowangi Melintasi 46 Desa di Situbondo

0
BhasaFM
Ilustrasi foto pembangunan jalan tol

Situbondo- Pemkab Situbondo sudah menerima rute jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi), dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jalan tol akan melintasi 46 Desa dan 14 Kecamatan di Situbondo.

Jalan tol yang akan melintang di Situbondo dari Kecamatan Banyuglugur hingga Kecamatan Banyuputih, akan menjadi jalan tol trans jawa terpanjang, dengan luas lahan sekitar 10 juta meter persegi.

Menurut Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, berdasarkan penyampaian dokumen Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  trase jalan tol di Situbondo mencapai 1.071 haktare atau 10 juta meter persegi.

Yoyok Mulyadi menambahkan, saat ini Pemerintah tinggal melakukan pembebasan lahan yang akan dilewati jalan tol.  Dari jumlah luas lahan jalan tol tersebut sebagian besar akan melewati lahan milik Perhutani.

Yoyok mengaku, dari 46 desa yang akan dilewati jalan tol paling banyak di Kecamatan Besuki. Ada enam desa yang akan dilewati yaitu Desa Bloro, Blimbing, Langkap, Kalimas, Jetis dan Desa Demung.

Yoyok menjelaskan, trase jalan tol akan melewati Kecamatan Banyuglugur, Besuki, Suboh, Mlandingan, Bungatan, Kendit, dan Panarukan. Sedangkan di wilayah tengah melintasi Kecamatan Kota, Panji, Kapongan, Arjasa, Jangkar. di Wilayah timur yaitu Kecamatan Asembagus dan Banyuputih.

BACA JUGA :  Sudah 132 Desa di Situbondo Terbentuk KIM

Yoyok mengatakan, dokumen perencanaan pengadaan tanah dari Dirjen Bina Marga,  akan menjadi dasar Gubernur Jatim penetapan lokasi (penlok). Saat ini, trase tol dari Besuki sampai Banyuputih belum ditentukan penloknya.

Lebih jauh Yoyok Mulyadi menegaskan, sudah tidak ada lagi perubahan trase jalan tol, termasuk empat pintu exit sebagaimana usulan Pemkab Situbondo. Jalan tol akan memiliki empat pintu exit yaitu di Kecamatan Banyuglugur, di kawasan wisata pasir putih serta Kecamatan Kota dan Kecamatan Arjasa.        

Seperti diketahui, pengerjan jalan tol Probowangi dari Kecamatan Leces Probolinggo hingga Kecamatan Besuki akan dimulai pertengahan tahun ini. Ada tiga titik pengerjaan dilakukan secara bersamaan, masing-masing dari Kecamatan Leces hingga Kecamatan Gending. Kecamatan Gending hingga Kraksan, dan dari Kraksan Probolinggo hingga Kecamatan Besuki. Diperkirakan akhir Desember pembangunan jalan tol sudah tersambung di Kecamatan Besuki.