Tak Penuhi Quorum, Paripurna Raperda LKPJ APBD Ditunda

0
BhasaFM
paripurna ditunda (30/7) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rapat paripurna di Kantor DPRD Situbondo akhirnya ditunda karena tak memenuhi quorum, siang kemarin (30/7). Anggota DPRD yang mengisi absensi hadir hanya berjumlah belasan orang.

Ironisnya, saat Ketua DPRD Bashori Shanhaji membuka rapat paripurna, jumlah anggota DPRD yang hadir hanya lima orang, terdiri dari empat unsur Pimpinan, serta anggota Komisi I DPRD Situbondo Narwiyoto.

Selain tak memenuhi quorum rapat paripurna juga molor hingga 4 jam. Banyak Kepala Dinas terpaksa pulang karena memiliki agenda kegiatan lain. Sedianya, paripurna kali ini akan membahas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda LKPJ APBD 2017.

Menurut Ketua DPRD Situbondo, Zeiniye, sedianya paripurna dijadwalkan pukul 10 pagi. Paripurna terpaksa molor karena pada saat yang bersamaan, Ketua DPRD menghadiri rapat BPR Syari’ah di Kantor Pemkab Situbondo.

Zeiniye menambahkan, rapat paripurna memang ditunda karena tak memenuhi. Sesuai Tatib DPRD rapat paripurna baru memenuhi quorum jika dihadiri 2/3 dari jumlah anggota DPRD.

Zeiniye menambahkan, sebenarnya banyak anggota dewan yang hadir mengisi absensi. Mereka tak bisa mengikuti paripurna, kemungkinan karena ada kegiatan lain diluar.

Selain itu kata Zeiniye, saat ini banyak anggota dewan harus melengkapi persyaratan administrasi sebagai Caleg ke KPU Situbondo. Bisa jadi, mereka tidak bisa menghadiri rapat paripurna, karena sedang menyelesaikan persyaratan mengingat batas akhir pendaftaran tanggal 31 Juli ini.

Oleh karena kata Zeiniye, sesuai kesepakatan Badan Musyawarah, kelanjutan rapat paripurna akan di jadwal ulang. Banmus akan menjadwalkan paripurna lanjutan dengan agenda pamandangan umum fraksi atas LKPJ APBD 2017 pada tanggal 3 Agustus mendatang.

Lebih jauh Zeiniye mengatakan, penundaaan rapat paripurna kemarin, pasti berdampak terhadap pembahasan APBD perubahan 2018. Sebab APBD perubahan baru bisa dilakukan, setelah DPRD menyelesaikan pembahasan Raperda LKPJ ABD 2017.