Tampung PSK Terduga Human Trafficking, Dinas Sosial Siapkan Psikiater

0
BhasaFM
Kepala Dinas Sosial berkoordinasi penanganan korban human trafficking di Mapolres Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Sosial Pemkab Situbondo, menampung 12 PSK termasuk lima anak di bawah umur yang diduga jadi korban human trafficking. Selama berada di safe house para PSK dalam pengamanan aparat kepolisian.

Menurut Kepala Dinas Sosial Situbondo, Luthfi Joko Prihatin,  selama para terduga PSK diperlukan keterangannya oleh aparat kepolisian, mereka akan ditampung Dinas Sosial. Mereka di sediakan tempat tinggal sementara di wisma rengganis II.

Menurut Luthfi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Minggu sore kemarin. Luthfi meminta personil polisi melakukan pengamanan di wisma rengganis. Selain meminta Polisi memberikan jaminan keamanan, Dinas Sosial  juga menyiapkan tim psikiater.

BACA JUGA :  Raperda Mengatur Kenaikan Gaji BPD dan Penguatan Kelembagaan

Luthfi mengaku, tim psikiater  bertugas memberikan konseling untuk memulihkan psikologi para korban terduga human trafficking. Oleh karena itu, Lutfi juga meminta netizen tak vulgar menyebarkan foto-foto korban di media sosial, terutama bagi mereka yang masih berusia di bawah umur. Mereka diduga terjebak lingkaran praktek hitam perdagangan manusia.

Lebih jauh Luthfi Joko Prihatin menegaskan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Setelah para korban itu selesai menjalani proses pemeriksaan sebagai saksi korban, proses pemulangannya ke pihak keluarga di Bandung akan melalui Dinas Sosial Provinsi.