Tanam Pohon Untuk Anak Cucu, Polres Tanam 4000 Pohon Cemara di Pesisir Pantai

0
BhasaFM
Para pelajar ikut menanam pohon cemara di tepi pantai (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Satpolair Polres Situbondo menanam pohon di pinggir pantai Kecamatan Panarukan. Penanaman pohon bertajuk “Polri Peduli Penghijauan”, merupakan hasil kerjasama dengan TNI, Dinas Perikanan dan Kamla.

Penanaman pohon cemara laut ini juga melibatkan masyarakat dan pelajar, dilakukan  serentak di empat desa di Kecamatan Panarukan. Penanaman pohon itu sebagai bentuk penyelamatan lingkungan untuk anak cucu. Sebanyak 4000 pohon cemara laut ditaman secara serentak di Desa Duwet, desa Peleyan, desa Gelung dan desa Kilensari.

BACA JUGA :  Lampu Pasar Asembagus Sempat Mati, Pedagang Pasar Minta Pemkab Tak Korbankan Rakyat Kecil

Menurut Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi, program “Polri Peduli Penghijauan”, merupakan wujud kepedulian Kepolisian terhadap lingkungan. Sebab pohon atau hutan berperan penting sebagai penyangga kehidupan untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Kapolres menjelaskan, penanaman pohon cemara laut  dinilai memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap air laut dan angin kencang.

Menurutnya, sekitar sepuluh tahun kedepan, pohon-pohon tersebut akan bermanfaat bagi para pelajar yang ikut menanam, terutama menjaga ekosistem laut, karena pohon tersebut berfungsi menahan air laut pasang.