Terbentuk Panitia Pembebasan Tanah, Jalan Tol Probowangi Ditargetkan Rampung 2021

0
BhasaFM
Pembentukan panitia pembebasan tanah jalan tol di Kantor Dinas PUPR Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ketua Badan Pertanahan Nasional (BPN) Situbondo, ditunjuk jadi Ketua tim pembebasan lahan pembangunan jalan tol di Situbondo. Pembentukan panitia pembebasan lahan jalan tol dihadiri 46 Kepala Desa berlangsung di Kantor Dinas PUPR Situbondo, Rabu siang kemarin.

Pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi), akan langsung dikerjakan jika pembebasan lahannya sudah selesai. Dalam waktu dekat panitia akan segera memasang patok tanah yang akan dilalui jalan tol.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan jalan Tol Probolinggo–Banyuwangi Seksi II wilayah Situbondo, Agus Dwinarno, semakin cepat selesai pembebasan lahan, maka akan semakin cepat pembangunannya dikerjakan, karena pemenang tender proyeknya sudah ditentukan.

BACA JUGA :  Kebutuhan Daging Ayam Potong di Situbondo Mencapai 13 Ton Setiap Hari

Agus Dwinarno menambahkan, cepat atau tidaknya pembebasan lahan akan sangat tergantung masyarakat di bawah. Oleh karena itu, kepanitiaan pembebasan lahan melibatkan pemerintahan desa yang akan dilalui jalan tol.

Agus Dwinarno mengaku, ada sekitar 1. 075 hektar perkiraan lahan yang akan dilalui jalan tol tersebar di 46 Desa dan 14 Kecamatan. Rute pembangunan jalan tol di pusat latihan Marinir Karang Tekok juga tidak mengalami perubahan, yaitu mengikuti SOP TNI menututp jalan tol saat ada latihan. Namun jika tol sudah ramai, kemungkinan akan ada perubahan jalur  alternatif.