Terkesan Dibiarkan Meski Tak Berijin, Komisi III DPRD Situbondo Minta Pembangunan Menara Tower Dihentikan

0
Bhasafm
Ditolak Warga-Komisi III DPRD Situbondo minta Pembangunan menara tower dihentikan karena melanggar Cell Plan dan belum mengantongi ijin (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi III DPRD Situbondo meminta pembangunan menara tower telekomunikasi dihentikan. Pasalnya, Pembangunan menara tower di Dusun Tanjung Pasir, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran belum memiliki ijin.

Komisi III sempat berang karena Pemkab terkesan membiarkan pembangunan tower itu tetap dikerjakan. Padahal, lokasi pembangunannya tak sesuai cell plan sesuai rekomendasi Dinas Kominfo. Selain itu, warga sekitar juga mengaku keberatan karena merasa tandatangannya di telikung.

Menurut anggota Komisi III DPRD Situbondo, Arifin,  pihaknya melakukan sidak karena adanya gejolak di masyarakat. Arifin mengaku menyayangkan ada aktifitas pembangunan tower padahal masih belum mengantongi ijin.

Arifin menambahkan,  pembangunan menara tower itu jelas melanggar regulasi. Karena lokasinya tak sesuai cell plan, maka Komisi III meminta pembangunan tower dihentikan dan di alihkan ke lokasi lain sesuai cell plan dari Kominfo.

BACA JUGA :  Bupati Dadang Positif Covid-19, Sebelumnya Menghadiri Acara HUT Korpri di TPI Panarukan

Lebih jauh Arifin menyatakan, demi menjaga marwah pemerintah, Pemkab seharusnya tak terkesan membiarkan adanya pembangunan tower tersebut. Selain lokasinya tak sesuai regulasi, sampai saat ini belum mengantongi ijin lingkungan maupun tata ruang.

Sementara itu, puluhan warga yang ikut ke lokasi proyek menara tower telekomunikasi, juga menyatakan menolak dan meminta pembangunan dipindah ke tempat lain. Warga mengaku khawatir keberadaan tower tersebut menimbulkan pengaruh radiasi.

Puluhan warga itu menyatakan tak pernah menyetujui adanya pembangunan tower. Warga mengaku pernah dimintai tanda tangan, namun tak pernah dijelaskan jika ternyata akan digunakan untuk kepentingan pembangunan tower.