Terkesan Hanya Serimonial, Bupati Dadang Wigiarto Minta Lomba Desa Dirubah

0
BhasaFM
Bupati pimpin rapat persiapan penilaian lomba Desa di Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, meminta merubah system lomba desa tahun ini. Selama ini lomba desa terkesan jadi kegiatan serimonial dan kurang memberikan dampak positif. Pernyataan ini disampaikan Bupati, saat memimpin rapat pelaksanaan penilaian dan evaluasi perkembangan desa, beberapa waktu lalu.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Bupati, dihadiri seluruh camat dan Ketua Tim Penggerak PKK, serta sejumlah instansi terkait. Rencananya loma Desa akan digelar Akhir bulan Maret ini hingga April mendatang.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, lomba desa harus memperhatikan hasil yang telah dicapai desa. Pencapaian inovasi desa harus menjadi  tolak ukur penilaian. Tidak seperti sebelumnya, lomba desa terkesan serimonial menyambut kedatangan Kepala Daerah.

Dadang mengaku ingin membina Desa pemenang lomba. Jika dibina dengan baik, pemenang lomba desa akan jadi salah satu destinasi wisata unggulan. Oleh karena itu, Dadang memerintahkan seluruh Camat, agar berperan lebih besar melakukan perbaikan desa melalui lomba desa.

Tidak hanya itu, Dadang juga meminta Camat agar terus menginformasikan tahun kunjungan wisata 2019 mendatang. Menurutnya, pariwisata bukan sekedar sekali pengunjung datang, melainkan akan terus berlanjut. Hal itu akan terjadi jika masyarakat dan pemerintahan desa, mempersiapkan dan mengelola budaya maupun potensi wisata alam di desanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.