Terpilih Jadi Parlemen Remaja Dapil III Jatim, Pelajar SMA Situbondo Jadi Ketua Koordinator

0
BhasaFM
Seorang pelajar SMA asal Situbondo terpilih menjadi parlemen remaja. (Foto : Zaini Zain)

Situbondo- Seorang pelajar  SMA asal Situbondo terpilih menjadi parlemen remaja.  Priesca Ayu terpilih mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Timur meliputi  Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Pelajar kelas XII SMA Negeri 1 Situbondo yang akrab dipanggil Ayu itu, terpilih menjadi parlemen pelajar setelah melalui seleksi ketat. Secara nasional ada 11 lebih pendaftar dan hanya terpilih 128 pelajar menjadi parlemen remaja se Indonesia. Sedangkan di Jawa Timur ada 11 pelajar terpilih jadi parleman remaja.

Sejak Selasa kemarin, Ayu sudah berada wisma DPR RI Bogor Jawa Barat. Ayu berkumpul bersama 128 parlemen remaja lainnya dari seluruh Indonesia. Hari pertama masuk jadi parleman remaja, Ayu mengikuti berbagai kegiatan layaknya anggota DPR.

Dikonfirmasi melalui telponnya, Priesca Ayu mengaku seharian mengikuti kegiatan di senayan. Layaknya anggota DPR RI, Ayu bersama parlemen remaja lainnya se Indonesia melakukan pemilihan Ketua Koordinator. Dan Ayu terpilih menjadi Ketua Koordinator sekaligus menjadi Wakil Ketua Fraksi.

BACA JUGA :  Operasi Zebra, Polisi Prioritas Tindak Anak di Bawah Umur Nekat Naik Motor

Menurut Ayu, ada beberapa agenda lain selama seminggu kedepan, salah satunya membuat Peraturan tentang lingkungan hidup. Oleh karena itu, Ayu bersama parlemen remaja lainnya akan melakukan kunjungan kerja ke Wali Kota Bogor serta ke kampus Univesritas Indonesia.

Lebih Jauh Ayu mengaku bangga terpilih menjadi parlemen remaja, karena bisa bertemu dengan seluruh perwakilan dari Indonesia. Di gedung senayan Ayu merasa seperti bertemu keluarga besar dari berbagai suka dan etnik.

Sementara itu, Anggota DPRD Situbondo, Janur Sastra Ananda, mengaku, sebelum berangkat ke Jakarta, Priesca Ayu sempat mendatangi Kantor DPRD Situbondo beberapa waktu lalu. Ayu meminta pembekalan terkait Perda tentang lingkungan hidup, karena tema parleman remaja 2019 ini memang soal lingkungan hidup.

Janur mengaku sangat mengapresiasi terpilihnya Priesca Ayu menjadi parleman remaja mewaliki dapil III Jatim. Terpilihnya Ayu diharapkan akan menginspirasi pelajar lain di Situbondo, karena salah satu tujuan pemilihan parlemen remaja yaitu melakukan edukasi politik di kalangan pelajar, mengingat selama ini banyak anak-anak muda cenderung apatis dengan kebijakan politik.