Tingkatkan Populasi Ternak Sapi, Disnak Target 78 Ribu Ekor Sapi Bunting

0
BhasaFM
Ilustrasi Program Siwab atau Sapi Induk Wajib Bunting

Situbondo– Kabupaten Situbondo masih menjadi salah satu lumpung ternak sapi di Jawa Timur. Saat ini jumlah sapi di Situbondo mencapai 165 ribu ekor. Tahun 2018 ini Dinas Peternakan menargetkan 78 ribu ekor sapi bunting.

Program Siwab atau Sapi Induk Wajib Bunting, sudah dimulai sejak Februari lalu. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Situbondo, Aries Marhaento.

Menurut Aries, target 78 ribu sapi induk bunting tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang hanya 75 ribu. Target tahun ini kata Aries,  sudah sesuai yang ditargetkan Pemprov Jawa Timur.

Aries menambahkan, program Sapi Induk Wajib Bunting untuk meningkatkan populasi ternak sapi di Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, para mantri hewan maupun  dokter hewan, harus memberikan pembinaan dan pemeriksaan serta pengobatan ternak sapi secara gratis.

Tidak hanya itu, lanjut Aries Marhaento, petugas dinas peternakan di lapangan tak hanya bertugas menjalankan target 78 ribu program SIWAB melalui IB atau inseminasi buatan, melainkan mendapat tugas tambahan, yaitu mendata sapi bunting tahun sebelumnya.