Wabup Ingatkan Kades Agar Bangun Rumah Tak Layak Huni Warga Miskin

0
BhasaFm
Wabub saat membantu rumah guru ngaji di keluarahan Mimbaan Kecamatan panji (Foto: Zaini Zain)

Situbondo-Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, mengingatkan seluruh Kepala Desa agar membangun rumah layak huni bagi warga miskin di Desanya. Wabup meminta Kades  menggunakan Dana Desa (DD).

Wabup berjanji akan mengevaluasi pengerjaan rumah layak huni masing-masing desa. Wabup mengaku masih sering mendapat pengaduan banyak warga miskin rumahnya nyaris ambruk.
Menurut Yoyok Mulyadi, membangun rumah layak huni menjadi kewajiban setiap Kapala Desa menggunakan Dana Desa. Yoyok mengaku, dirinya telah memberi taksiran setiap pembangunan satu unit rumah layak huni  dianggarkan sebesar 10 juta rupiah.

Saat ini kata Wabup, masih ada belasan ribu rumah warga miskin tak layak huni. Oleh karena itu kata Yoyok Mulyadi, para Kades harus memperioritas pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin yang sudah lanjut usia.

BACA JUGA :  Polres Situbondo Ajak Perguruan Silat Ikut Jaga Kamtibmas

Lebih jauh Yoyok Mulyadi menegaskan, tahun ini Pemkab juga menaikan anggaran pembangunan rumah layak huni. Selain itu, ada beberapa CSR juga akan diproyeksikan membangunan rumah layak huni di Situbondo.

Perlu diketahui. Pada tahun 2017 ada 1.200 unit rumah tak layak huni telah dibangun. Rinciannya 108 rumah menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Menggunakan APBD Situbondo  sebanyak 652 unit rumah, serta sisanya sumbangan  dana CSR  dan LPM Merak.